Kilang Penggergajian
1946, Cat Minyak di Atas Kanvas, Dimensi tidak Diketahui
翻譯:魏愛妮
審稿:李平周
校稿:魏愛妮
Pada foto yang telah menguning ini, warna cat minyak telah tak tampak, tetapi panorama di dalam lukisan senantiasa “hidup” dan “jelas”. Katrol di atas derek jangkung (crane) berputar dengan cepatnya, pekerja-pekerja dengan galah di tangannya tengah bergumul dengan kayu-kayu di dalam kolam penyimpanan kayu. Sekalipun perang baru saja berakhir, tetapi usaha di pabrik justru sangat berkembang, tumpukan kayu gelondongan berukuran besar pun memenuhi seluruh area pabrik.
Pada awal dan akhir perjalanan karier melukisnya, Chen Cheng-po pernah mendatangi lokasi penggergajian ini untuk membuat karyanya. Bandingkanlah kedua karya ini dengan cermat, perubahan apa saja yang Anda temukan?
By Emery Chen